Tugas IPS "Negara Berkembang dan Negara Maju 2010"

Negara Berkembang 
Negara Berkembang mempunyai arti menurut Wikipedia adalah negara yang mempunyai rata-rata pendapatan yang relatif rendah, selain itu pembangunan infrastruktur yang kebayakan masih terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan negara global. Istilah Negara berkembang ini mulai menyingkirkan istilah Negara Dunia Ketiga, dimana istilah tersebut digunakan pada masa Perang Dingin.
Perkembangan tersebut mencakup pembangunan infrastruktur modern (baik itembangunan fisik maupun institusional) dan sebuah pergerakan dari sektor lain yang bernilai tambah rendah mencakup agrikultur dan pengambilan sumber daya alam. Negara maju biasanya memiliki sistem ekonomi berdasarkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan menahan-sendiri.
Penggunaan istilah ‘negara berkembang’ untuk negara yang kurang maju dianggap tidak tepat bila kasus negara tersebut adalah sebuah negara miskin, yaitu negara yang tidak mengalami pertumbuhan situasi ekonominya, dan juga telah mengalami periode penurunan ekonomi yang berkelanjutan.

Beberapa Negara Berkembang :
ASIA = Bahrain, Malaysia, Saudi Arabia, Thailand, Iran, Cina, Sri Lanka, Filipina, Palestina, Indonesia, Mongolia, Vietnam, Uzbekistan, Kyrgystan, India, Laos, Kamboja,Myanmar, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Papua Nugini, Oman, Yaman, Algeria, Siria

EROPA =Estonia, Polandia, Slovakia, Hungaria, Kroasia, Lituania, Romania, Serbia, Latvia, Turki, Republik dominik, Rusia dll.

AFRIKA = Afrika Selatan, Mesir, Libiya, Maroko, Aljazair, Madagaskar, Kenya,Sudan, Ghana, Uganda, Lesoto,dan seluruh wilayah afrika, (karena seluruh wilayah negara afrika adalah negara berkembang)

AMERIKA (Banyaknya sih amerika selatan)=Venezuela, Bolivia, Chili, Honduras, Haiti, Panama, Ekuador, Peru, Meksiko,

Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara berkembang. Namun beberapa negara telah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam (seperti Nauru melalui pengambilan fosfor dan Brunei Darussalam melalui pengambilan minyak bumi) tanpa mengembangkan industri yang beragam, dan ekonomi berdasarkan-jasa tidak dianggap memiliki status 'maju'.
Pengamat dan teoritis melihat alasan yang berbeda mengapa beberapa negara (dan lainnya tidak) menikmati perkembangan ekonomi yang tinggi. Banyak alasan menyatakan perkembangan ekonomi membutuhkan kombinasi perwakilan pemerintah (atau demokrasi), sebuah model ekonomi pasar bebas, dan sedikitnya atau ketiadaan korupsi. Beberapa memandang negara kaya menjadi kaya karena eksploitasi dari negara miskin di masa lalu, melalui imperialisme dan kolonialisme, atau di masa sekarang, melalui proses globalisasi.

Beberapa Negara Maju :
Organisasi Bank Dunia, IMF, dan CIA, biasanya setuju bahwa sekelompok negara maju termasuk:
Anggota Uni Eropa:


Negara non-UE:

Negara bukan Eropa:

No Response to "Tugas IPS "Negara Berkembang dan Negara Maju 2010""

Posting Komentar